Virus 2019-nCov (Corona Virus): Pengertian, Gejala, dan Cara pencegahan - LateLite

Virus 2019-nCov (Corona Virus): Pengertian, Gejala, dan Cara pencegahan

Virus 2019-nCov


Pengertian

       Dilansir dari Aljazeera, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit atau Centers for Disease Control and Prevention (CDC) coronavirus adalah keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit pada saluran pernapasan. Adapun gejalanya menyerupai flu biasa. Namun, dalam beberapa kasus, virus dapat menyebabkan penyakit saluran pernapasan dalam, seperti pneumonia dan bronkitis.
       Dikutip dari situs LIPI, virus Corona memiliki satu rantai RNA sehingga kerap disebut virus RNA. Virus jenis ini bermutasi lebih cepat dibanding DNA hingga satu juta kali.
       Virus ini umum ditemukan pada hewan di seluruh dunia, tetapi hanya segelintir saja yang diketahui berpengaruh terhadap manusia. Adapun sangat jarang virus corona dapat bervolusi dan menyebar dari hewan ke manusia.

Gejala

       Dikutip dari situs Centers for Disease Control and Prevention (CDC), kasus infeksi virus Corona yang dilaporkan ada yang menunjukkan gejala dan tidak. Untuk kasus Coronavirus yang dilaporkan gejalanya adalah:

       a. Demam

       b. Batuk

       c. Napas pendek

       Menurut pihak CDC, tidak ada perawatan khusus untuk infeksi coronavirus dan kebanyakan orang akan sembuh sendiri.
       Jadi pengobatan melibatkan tindakan peristirahatan dan pengobatan untuk meredakan gejala. Hingga saat ini belum ditemukan vaksin untuk virus corona jenis baru.

Cara pencegahan


       Cara terbaik untuk mencegah infeksi 2019-nCoV adalah menghindari orang yang terinfeksi virus. Secara umum, CDC merekomendasikan hal-hal berikut untuk mencegah penyebaran virus corona, yakni:

  • Cuci tangan Anda sering dengan sabun dan air selama setidaknya 20 detik, atau pencuci tangan yang minimal mengandung 60 persen alkohol
  • Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut Anda dengan tangan yang tidak dicuci 
  • Hindari kontak langsung dengan orang yang sakit 
  • Tinggal di rumah saja, saat Anda sakit dan lakukan pembersihan pada benda yang sering disentuh

       Terkait masker, sebaiknya menggunakan pelindung daerah hidung dan mulut dengan ukuran pori yang kecil. Dikutip dari situs LIPI, virus Corona yang menyebabkan SARS berbentuk bulat dengan diameter 100-120 nm (nanometer). Karena itu, pencegahan infeksi virus Corona lebih efektif bila menggunakan masker yang berpori-pori lebih kecil dari 100 nm.

TERIMAKASIH
LIKE & SHARE GUYS :)
Virus 2019-nCov (Corona Virus): Pengertian, Gejala, dan Cara pencegahan Virus 2019-nCov (Corona Virus): Pengertian, Gejala, dan Cara pencegahan Reviewed by Gemilang on February 07, 2020 Rating: 5
Powered by Blogger.