VIRUS: Arti kata, ciri-ciri, dan macam bentuk virus - LateLite

VIRUS: Arti kata, ciri-ciri, dan macam bentuk virus

VIRUS




       Menurut KBBI virus adalah mikroorganisme yang tidak dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop biasa, hanya dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop elektron, penyebab dan penular penyakit, seperti cacar, influenza, dan rabies.
      Kata virus berasal dari bahasa Latin virion yang berarti 'racun' dan cairan berbahaya lainnya.

Ciri-ciri virus

1. Virus bisa bersifat seperti benda hidup, contohnya bisa berkembang biak jika berada dalam sel hidup.
2. Memiliki satu asam nukleat, DNA atau RNA saja.
3. Virus bisa bersifat seperti benda mati, contohnya tidak melakukan metabolisme, tidak bernapas, tidak bergerak, dan berbentuk kristal jika berada di luar sel hidup.
4. Berukuran sangat kecil, yaitu antara 20 dan 300 nm.
5. Aseluler, yaitu tidak memiliki sel

Macam bentuk virus

1. Ikosahedral

       Sesuai dengan namanya, virus ini berbentuk ikosahedron (bentuk tiga dimensi yang memiliki 20 sisi). Bentuk ini sangat mudah dikenali karena bentuknya yang simetris. Contoh virus dengan bentuk kapsid ini adalah virus demam dengue (DENV) dan virus penyakit kuku dan mulut (FMDV).


Virus ikosahedral | Photo by Nossedotti (Anderson Brito) is licensed under CC-BY-SA-3.0


2. Prolat

       Bentuknya mirip dengan ikosahedral, tetapi memanjang pada sumbunya. Bentuk prolat ini umumnya ditemukan pada kepala bakteriofage.

3. Helikal

       Pada virus ini, genom asam nukleat melilit di dalam kapsid protein berbentuk silindris. Kapsid ini memiliki struktur seperti untaian benang. Contoh virus dengan bentuk kapsid ini adalah Tobacco mosaic virus (TMV).


Virus helikal | Photo by Arionfx is licensed under CC-BY-SA-3.0

4. Kompleks

       Virus ini tersusun dari berbagai protein berbeda yang bekerja sama untuk melindungi genom, menempel pada sel, dan menyuntikkan asam nukleat kedalamnya. Contoh virus dengan struktur ini adalah Bacteriofage T4, ingat bahwa bakteriofage memiliki kepala berbentuk prolat, dan struktur lain (leher dan kaki). Hal ini membuat bakteriofage memiliki struktur kompleks.

Virus kompleks | Photo by Adenosine is licensed under CC-BY-SA-3.0

5. Berselubung

       Beberapa virus memiliki selubung, artinya kapsid dilapisi oleh membran lipid yang dikenal dengan nama selubung virus. Selubung ini berguna untuk menghindari sistem kekebalan tubuh, sehingga virus dapat menginfeksi inangnya. Contoh dari virus dengan struktur berselubung adalah Influenza virus dan HIV.



TERIMAKASIH
JANGAN LUPA LIKE N SHARE GUYS :)
VIRUS: Arti kata, ciri-ciri, dan macam bentuk virus VIRUS: Arti kata, ciri-ciri, dan macam bentuk virus Reviewed by Gemilang on February 06, 2020 Rating: 5
Powered by Blogger.