Ulasan Mengenai Manajemen Penanggulangan Wabah Covid 19 yang Dilakukan oleh Pemerintah Indonesia - LateLite

Ulasan Mengenai Manajemen Penanggulangan Wabah Covid 19 yang Dilakukan oleh Pemerintah Indonesia

               

            


            Dunia kini tengah menghadapi pandemi covid-19 termasuk negara Indonesia. Menurut data resmi terbaru dari pemerintah kasus terkonfirmasi positif sebanyak 14.265 orang (5/11/2020). Sejak awal bulan april pemerintah memulai penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Penerapan ini merupakan upaya pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 di berbagai daerah yang terindikasi sebagai zona merah. Perkantoran, sekolah, dan tempat umum satu persatu di tutup. Sekarang banyak warga negara Indonesia bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah.

Pelayanan kesehatan di Indonesia terus berupaya semaksimal mungkin dalam merawat pasien covid-19. Para tenaga kerja medis bekerja keras dalam melawan virus ini. Banyak tenaga kerja medis yang tertular virus ini dalam menangani pasien. Segala upaya pemerintah seperti pengadaan masker, respirator, dan hazmat telah dilakukan demi mendukung tenaga medis dalam menangani pasien covid-19. Selain berdampak pada pelayanan kesehatan, pandemi ini juga memiliki dampak di bidang ekonomi, sosial, dan budaya.

Pada bidang ekonomi memiliki dampak paling serius dalam wabah ini. Ekonomi Indonesia mengalami pelemahan karena roda ekonomi nasional terganggu. Pada tingkat masyarakat mengalami kendala ekonomi yang serius pula, tidak sedikit warga negara Indonesia yang terkena PHK karena perusahaan tutup. Dalam menjalani hidup ditengah pandemi ini  masyarakat menggantungkan hidupnya kepada bantuan sosial dari pemerintah. Pemerintah bersama kementerian sosial memberikan bantuan sosial berupa sembako. Akan tetapi dalam pelaksanaan nya bantuan tersebut dirasa kurang dan bahkan tidak tersalurkan dengan tepat. Akibat dari ekonomi yang memburuk maka tingkat kriminalitas di negara ini naik. Banyak terjadi pencurian bahkan penjarahan di sudut-sudut kota. Kini masyarakat menjaga daerahnya masing-masing dengan mengadakan ronda malam untuk mengantisipasi tindakan kejahatan tersebut.

            Pada bidang sosial, kini masyarakat lebih cenderung dirumah sehingga jiwa sosial dengan masyarakat lain menurun. Dalam melakukan sosial kini masyarakat lebih memilih melalui daring. Seperti, sekolah daring, rapat daring, bahkan seminar pun dilakukan dengan daring. Kondisi disebut oleh sebagian masyarkat sebagai “New Normal” . Hal tersebut merubah kebiasaan seseorang yang dalam kebiasaan nya “Offline” kini menjadi “online”. Akan tetapi ada dampak positif yang dirasakan masyarakat, yaitu rasa saling membantu dan gotong royong setiap masyarakat muncul kembali secara proaktif dalam melawan wabah covid-19 ini.

            Pada bidang budaya juga terlihat perubahan nya apalgi ketika memasuki bulan ramadhan. Masyarakat kini menjalankan ibadahnya dirumah. Maka dari itu terjadi perubahan budaya di bulan ramadhan biasanya seperti buka bersama teman, sahur on th road, dan ibadah berjamaah yang kini dilakukan dirumah. Selain itu juga budaya seperti berkumpul dengan keluarga besar kini pun terhalang karena wabah ini. Akan tetapi dengan mengikuti peraturan pemerintah maka ikut serta membantu pemerintah dalam memotong mata rantai penyebaran virus.

            Pemerintah sudah mengupayakan yang terbaik untuk masyarakat nya. Maka dari itu sebagai masyarakat yang baik adalah dengan ikut serta mengindahkan segala imbauan pemerintah agar wabah ini segera selesai. Masyarakt terus berharap agar wabah ini cepat selesai dan masyarkat dapat kembali beraktifitas seperti biasanya.
Ulasan Mengenai Manajemen Penanggulangan Wabah Covid 19 yang Dilakukan oleh Pemerintah Indonesia Ulasan Mengenai Manajemen Penanggulangan Wabah Covid 19 yang Dilakukan oleh Pemerintah Indonesia Reviewed by Gemilang on September 10, 2020 Rating: 5
Powered by Blogger.