Nama : Hikmah Putra Wijaya
No. Absen : 17
Kelas : XI MIPA 3
LEMBAR KERJA SISWA
PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS
Nama : Hikmah Putra Wijaya
No. Absen : 17
Kelas : XI MIPA 3
No. Absen : 17
Kelas : XI MIPA 3
Kelas/Program : XI MIPA/IPS
Tahun Ajaran/Semester : 2016-2017/1
Objek Studi : CANDI GEDONG SONGO
Hari, Tanggal : Sabtu, 5 November 2016
1. Amatilah kompleks Candi Gedongsongo dan aktivitas di lingkungan sekitarnya.
2. Lengkapilah pertanyaan-pertanyaan berikut ini!
v
LKS 1. MACAM-MACAM NILAI
No
|
Nilai-nilai sosial yang
terkandung
|
Sumber Klasifikasi
|
Argumentasi/Alasan
|
1.
|
Meningkatkan
perekonomian masyarakat setempat
|
Petugas
Pariwisata Candi Gedongsongo
|
Sebelum
adanya pariwisata Candi Gedongsongo, masyarakat sekitar daerah tersebut
sangat kesulitan dalam bidang pangan dan ekonomi, setelah dikembangkannya
pariwisata di Candi Gedongsongo, masyarakat mulai tercukupi dalam bidang
ekonomi
|
2
|
Mengangkat
nilai spiritual
|
Pengunjung
Pariwisata
|
Dengan
adanya Candi Gedongsongo menunjukkan bahwa pada zaman dahulu masyarakat sudah
memiliki keyakinan untuk menyembah Tuhan dengan dibuktikan adanya eksistensi
Candi Gedongsongo ini.
|
3
|
Mengangkat
nilai sejarah
|
Pengunjung
Pariwisata Candi Gedongsongo
|
Setelah
adanya Pariwisata Candi Gedongsongo membuat para pengunjung dapat mempelajari
sejarah-sejarah yang terdapat pada candi tersebut.
|
v
LKS II. Menulis Teks Laporan
Hasil Observasi
Struktur
|
Ide Pokok
|
Pengembangan Ide Pokok
|
BAB
I Pendahuluan
1.Latar Belakang
2.Rumusan Masalah
3.Tujuan Percobaan
4.Metode Percobaan
5.Sistematika Penulisan
|
Di
era globalisasi saat ini banyak sekali anak bangsa yang tidak mengetahui
budaya Indonesia
“hal
apa sajakah yang dapat diperoleh dari observasi?”
Mencari
pengetahuan serta memperluas wawasan tentang sejarah dan budaya bangsa
Indonesia
Metode
wawancara
Metode
observasi
Metode
Studi Pustaka
Bab
I Pendahuluan
Bab
II Pembahasan
Bab
III Penutup
|
Untuk
itu diadakanlah observasi ke Candi Gedongsongo untuk menambah wawasan siswa
tentang budaya serta sejarah leluhur bangsa Indonesia
“Sejauh
mana pengetahuan yang diperoleh penulis setelah diadakannya observasi ke
Candi Gedongsongo?”
Mencari
pengetahuan dan memperluas wawasan tentang sejarah dan budaya serta mendukung
perkembangan Pariwisata di Indonesia
Dalam
menulis laporan hasil observasi ini penulis menggunakan metode wanwancara,
metode observasi, dan metode studi pustaka.
-
Latar
belakang
-
Rumusan
masalah
-
Tujuan
percobaan
-
Metode
percobaan
-
Sistematika
penulisan
-
Landasan
teori
-
Proses
percobaan
-
Analisa
data
-
Kesimpulan
-
Saran
|
BAB
II Pembahasan
1.
Landasan
teori
2.
Proses
Percobaan
3.
Analisa
Data
|
Candi
Gedongsongo adalah candi Hindu yang terletak di Ungaran
Mengelilingi
Candi dan melihat keadaan candi Gedongsongo
Dari
hasil observasi dapat diketahui bahwa Candi Gedongsongo memiliki sembilan
kompleks bangunan
|
Candi
ini memiliki sembilan kompleks bangunan yang terbentang sejauh + 4 km
Menganalisa
keadaan candi dan kegiatan masyarakat sekitar Candi Gedongsongo
Dari
kesembilan kompleks Candi Gedongsongo, hanya kompleks candi ketiga yang masih
asli atau belum dilakukan pembugaran
|
BAB
III Penutup
1.
Kesimpulan
2.
Saran
3.
Lampiran
(foto kegiatan)
|
Dapat
menambah wawasan setelah melakukan observasi
Kita
harus bisa melestarikan budaya yang telah diwariskan leluhur
|
Dengan
mengunjungi objek wisata Candi Gedongsongo, kita dapat mengambil nilai
kehidupan dan menambah wawasan setelah melakukan observasi, serta secara
tidak langsung mendukung perkembangan Pariwisata Candi Gedongsongo.
Kita
sebagai anak bangsa harus bisa melestarikan budaya warisan leluhur dimulai
dengan hal sederhana yaitu mengunjungi situs cagar budaya di Indonesia
|
LEMBAR
HASIL PENGAMATAN
No
|
Unsur
Penelitian
|
Penelitian
|
Keterangan
|
|||
SB
|
B
|
C
|
K
|
|||
A
|
Unsur
Hayati
|
|||||
1
|
Keadaan Flora
|
V
|
Masih terjaga
keasliannya
|
|||
2
|
Keadaan Fauna
|
V
|
Masih terdapat
beberapa hewan
|
|||
B
|
Unsur
Sosial Budaya
|
|||||
1
|
Nilai perilaku
masyarakat sekitar
|
V
|
Ramah dan sopan
|
|||
2
|
Nilai perilaku
para wisatawan
|
V
|
Tidak merusak
lingkungan
|
|||
3
|
Norma perilaku
yang ada di objek observasi
|
V
|
Sejauh ini belum
ada yang melanggar peraturan dan norma
|
|||
4
|
Pelayanan yang
didapat
|
V
|
Pelayanan yang
bagus
|
|||
C
|
Unsur
Fisik
|
|||||
1
|
Keadaan fisik dan
relief candi Gedongsongo
|
V
|
Ada yang masih
utuh dan ada yang sudah rusak
|
|||
2
|
Fungsi air di
Candi Gedongsongo
|
V
|
Irigasi dan
sumber mata air
|
|||
3
|
Kondisi Udara
|
V
|
Sejuk dan nyaman
|
|||
4
|
Kondisi Fasilitas
wisata
-
Kondisi
objek wisata
-
WC
-
Tempat
ibadah
-
Warung/kantin
-
Tempat
duduk
-
Tempat
sampah
|
V
V
V
V
|
V
V
|
Situasinya
kondusif dan nyaman
Kurang memadai
Sudah terdapat
beberapa mushola
Sangat banyak
ditemui
Kurang memadai
Sudah memadai
|
Keterangan Penilaian :
SB: sangat baik; B:baik’C:cukup;
K:kurang
*) beri tanda centang (v) pada
penilaian yang sesuai
Pertanyaan setelah Observasi!
1.
Dari hasil pengamatan, bagaimana
kondisi lingkungan di lokasi wisata?
2.
Bagaimana pelayanan yang
dilakukan pihak pengelola kepada para wisatawan?
3.
Jelaskan adakah
peraturan-peraturan yang dibuat pihak pengelola wisata kepada para wisatawan
untuk mencegah terjadinya kerusakan dan lainnya pada objek wisata?
4.
Bagaimana kondisi fasilitas yang
disediakan pihak pengelola kepada para wisatawan?
PEDOMAN
PENULISAN
SUBJEK
OBSERVASI
Pedoman
wawancara pihak pengelola
No
|
Pertanyaan
|
1
|
Usaha
apa yang anda (pihak pengelola wisata) lakukan untuk menjaga kondisi objek
wisata dari kerusakan karena aktivitas pengunjung dan aktivitas alam sekitar?
|
2
|
Apakah
ada komplek Candi yang masih asli?
|
3
|
Pada
tahun berapa Candi Gedongsongo dibuat?
|
Pedoman
wawancara masyarakat sekitar
No
|
Pertanyaan
|
1
|
Adakah
yang anda (masyarakat sekitar) lakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan
hidup di sekitar Candi Gedongsongo (objek lokasi observasi)?
|
2
|
Bagaimana
keadaan ekonomi sebelum dan sesudah adanya objek wisata ini?
|
3
|
Bagaiman
cara memanfaatkan objek wisata ini sebagai sumber penghasilan?
|
Pedoman
wawancara wisatawan
No
|
Pertanyaan
|
1
|
Apa
yang anda lakukan dalam kunjungan anda di Candi Gedongsongo (objek lokasi
observasi) agar tetap menjaga kelestarian yang ada di dalamnya?
|
2
|
Apa
alasan anda mengunjungi kawasan objek wisata Candi Gedongsongo?
|
3
|
Bagaimana
anda mengetahui kawasan objek wisata Candi Gedongsongo?
|
Pertanyaan
setelah wawancara!
1.
Berdasarkan hasil wawancar pihak pengelola. Tunjukan
bukti pelestarian lingkungan (dengan gambar/foto) oleh pihak pengelola Candi
Gedongsongo pada lokasi objek wisata?
2.
Berdasarka hasil wawancara pihak pengelola. Tunjukkan buktu kondisi ketersediaan fasilitas umum (dengan gambar/foto) lokasi objek observasi (candi Gedongsongo)!
Berdasarka hasil wawancara pihak pengelola. Tunjukkan buktu kondisi ketersediaan fasilitas umum (dengan gambar/foto) lokasi objek observasi (candi Gedongsongo)!
3.
Berdasarkan hasil wawancara masyarakat sekitar, tunjukkan peranan masyarakat sekitar (dengan gambar/foto) dalam melakukan pelestarian lingkungan hidup di lokasi objek observasi (Candi Gedongsongo)!
Berdasarkan hasil wawancara masyarakat sekitar, tunjukkan peranan masyarakat sekitar (dengan gambar/foto) dalam melakukan pelestarian lingkungan hidup di lokasi objek observasi (Candi Gedongsongo)!
4.
Aktivitas apa saja yang dilakukan masyarakat sekitar yang hidup di sekitar objek observasi (candi gedongsongo)? Adakah keuntungan/kelebihan dari adanya objek observasi (candi Gedongsongo) bagi masyarakat sekitar?
Aktivitas apa saja yang dilakukan masyarakat sekitar yang hidup di sekitar objek observasi (candi gedongsongo)? Adakah keuntungan/kelebihan dari adanya objek observasi (candi Gedongsongo) bagi masyarakat sekitar?
5.
Berdasarkan hasil wawancara para wisatawan, tunjukan bukti (dengan gambar/foto) aktivitas wisatawan yang menunjukkan sikap pelestarian lingkungan dan yang tidak menunjukkan sikap pelestarian lingkungan pada lokasi objek observasi (candi Gedongsongo)?
Berdasarkan hasil wawancara para wisatawan, tunjukan bukti (dengan gambar/foto) aktivitas wisatawan yang menunjukkan sikap pelestarian lingkungan dan yang tidak menunjukkan sikap pelestarian lingkungan pada lokasi objek observasi (candi Gedongsongo)?
6.
Buatlah
kesimpulan berdasarkan hasil wawancara ketiga subjek penelitian dan tunjukkan
adakah sikap pelestarian yang dilakukan subjek observasi!
Laporan Kunjungan Candi Gedong Songo
Reviewed by Gemilang
on
November 09, 2016
Rating: